Yayasan Inter Medika

Sabun Antibakteri Berbahaya?

Sabun Antibakteri Berbahaya?

Ghiboo.com – Sabun antibakteri yang biasa Anda gunakan dinilai berbahaya?

Penelitian gabungan dari University of California dan University of Colorado menunjukkan senyawa triclosan yang menjadi bahan dalam produk sabun antibakteri dan produk seperti deodoran, pasta gigi dan obat kumur, menyebabkan gangguan fungsi otot pada tikus, serta memperlambat ikan berenang.

Bahan kimia ini juga melemahkan kontraksi otot jantung dan rangka tubuh sehingga berkontribusi pada penyakit jantung dan gagal jantung.

Meskipun bukti toksisitas didasarkan pada hewan, beberapa ahli mengatakan hal tersebut mungkin memengaruhi manusia juga.

“Kami telah menemukan bahwa triclosan berpotensi merusak fungsi otot dengan cara menggangu sinyal antara dua protein yang penting. Tampaknya pemerintah harus meninjau kembali penggunaan bahan ini dalam produk rumah tangga,” ujar peneliti Isaac Pessah, dilansir melalui Livescince (15/8).

Sebelumnya, paparan triclosan ditemukan dapat mengubah regulasi hormon pada hewan laboratorium atau menyebabkan resistensi antibakteri.

Like this Article? Share it!

About The Author

1 Comment

  1. situs otomotif November 10, 2012 at 10:57 pm

    wah ternyata sangat berbahaya, saya tiap hari mandi pake sabun antiseptic karena kalau tidak gitu merasa kurang bersih, sepertinya harus dipikir lagi nih 🙂

Leave A Response